Widgetized Section

Go to Admin » Appearance » Widgets » and move Gabfire Widget: Social into that MastheadOverlay zone

Hak Oktroi VOC

Gudang VOC Amsterdam

Gudang VOC Amsterdam

Nederlandsindie.com – Setelah Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602, Staten-Generaal memberikan hak tunggal (octrooi) untuk perdagangan dan pelayaran ke Asia. Ini artinya tidak boleh ada pihak lain yang boleh melakukan hal sama, kecuali VOC.

Hak oktroi ini berlaku dalam jangka waktu tertentu dan sesudahnya dapat diperpanjang kembali. Dalam hal hak oktroi untuk VOC masa berlakunya adalah 23 tahun dan terus diperpanjang sampai akhirnya VOC mengalami kebangkrutan.

Dalam oktroi tersebut secara rinci dituangkan bagaimana organisasi VOC dan bidang usahanya.

Menjelang akhir abad 18 masa berlaku hak oktroi VOC berakhir. Situasinya saat itu sudah sangat berubah, VOC mengalami kemunduran sangat parah, dan akhirnya bangkrut pada 17 Maret 1798. Meskipun demikian hak oktroinya masih berlaku sampai 31 December 1800.

40 tanggapan untuk Hak Oktroi VOC

  1. Redaksi

    8 March 2015 at 08:38

    Dear Anisa,

    Hak Oktroi gunanya untuk menjamin VOC:
    (a) melakukan monopoli perdagangan,
    (b) membuat perjanjian dengan pemerintah setempat,
    (c) membangun benteng-benteng pertahanan,
    (d) membentukan angkatan perang,
    (d) menyatakan perang,
    (e) mengangkat pemerintahan setempat,
    (f) menyelenggarakan administrasi pemerintahan.

    Dapat disimpulkan, bahwa dengan Hak Oktroi itu VOC mendapat hak-hak yang normalnya dimiliki oleh sebuah negara berdaulat. Meskipun VOC itu perusahaan dagang, tetapi dengan hak itu mereka beroperasi sebagaimana layaknya sebuah negara.

    Definisi Hak Octrooi

    Di luar konteks VOC, definisi Hak Octrooi atau octrooirecht (Bahasa Belanda) secara umum adalah hak subyektif yang diberikan oleh negara kepada perusahaan untuk memproduksi, menjual, atau mengelola sesuatu atau temuan baru.

    Hak ini diberikan secara eksklusif kepada perusahaan, penemu atau pemohon dan memberinya kewenangan melarang pihak lain untuk meniru atau menggunakan produk atau temuannya itu, tanpa seizin pemegang hak. Hak Octrooi disebut juga Hak Paten.

    Misalnya, kamu menemukan jenis obat tertentu, merknya Anisa, murni hasil penelitian/temuan kamu sendiri dan tidak sama dengan yang lainnya, maka kamu bisa mengajukan permohonan Hak Oktroi atau Hak Paten ke Kementerian Kehakiman. Jika permohonanmu dikabulkan, maka hanya kamu satu-satunya yang boleh menjual dan mengedarkan obat tersebut, biasanya dalam jangka waktu 20 tahun. Setelah jangka waktu ini lewat, maka Hak Oktroi mu pun berakhir, pihak lain boleh membuat obat dengan formula seperti yang kamu buat.

    Salam Redaksi

  2. anisa

    8 March 2015 at 01:00

    Guna nya hk oktroi tu apa sih?

  3. Redaksi

    3 March 2015 at 10:49

    Dear Rosita, PR apa yang kamu memerlukan bantuan?

  4. rosita lilly desange

    26 January 2015 at 08:19

    bantuin aku ngejain PR KU donk gara gara gak ada yang ngajarin

  5. oji

    21 October 2014 at 23:21

    kak bamtuin dong soal pr nya niih : sebutkan hak voc di indonesia

  6. rafi

    19 October 2014 at 08:58

    Sebenarnya ada baik nya jg voc memiliki hak oktroi.
    Sebab itu lah indonesia menjadi satu

  7. alifvia milla

    25 September 2014 at 06:55

    makasih infonya , mudah ngerjain pr nie ,

  8. apriton komangal

    5 September 2014 at 19:45

    sebutkan hak-hak istimewa voc yang di berikan oleh kerajaan beland..???

  9. inggit fitria adi tantika

    2 September 2014 at 04:50

    Tolong jelasin hak-hak istimewa yang diberikan pemerintahan Belanda kepada VOC !

    Mksh

  10. indra

    31 August 2014 at 20:20

    kenapa voc diberikan hak istimewa?

  11. rani helmi sagita

    31 August 2014 at 06:46

    hhmmm… kalau guruku bilang fungsi hak octrooi voc itu untuk mengesahkan tindakan voc di tanah jajahannya :)

  12. Mardhatillah

    11 August 2014 at 18:35

    apa sih penjelasan dengan voc dikatakan dengan “negara dalam negara” ?

  13. Redaksi

    20 April 2014 at 10:56

    Dear adik Ezra,

    Hak octrooi antara lain memberi VOC hak-hak kedaulatan di luar Belanda. VOC atas nama negara boleh membangun benteng-benteng pertahanan, menyatakan perang dan menandatangani perjanjian-perjanjian.

    Definisi Hak Octrooi

    Definisinya Hak Octrooi atau octrooirecht (Bahasa Belanda) adalah hak subyektif yang diberikan oleh negara kepada perusahaan untuk memproduksi, menjual, atau mengelola sesuatu atau temuan baru.

    Hak ini diberikan secara eksklusif kepada perusahaan, penemu atau pemohon dan memberinya kewenangan melarang pihak lain untuk meniru atau menggunakan produk atau temuannya itu, tanpa seizin pemegang hak. Hak Octrooi disebut juga Hak Paten.

    Selamat belajar dan salam dari Den Haag

  14. Ezra

    13 April 2014 at 07:30

    haii kak bantuin pr ak dong,apa fungsi hak octrooi bagi voc?? aku udah baca dibuku tapi gak dapet.makasih ya :)

  15. Visit Jepara

    29 March 2014 at 18:36

    VOC adalah sebuah perusahaan dari Belanda. Jadi bukan sistem kerajaan Belanda.

    CMIIW

  16. diyah

    24 March 2014 at 05:13

    fungsi hak octrooi itu apa sih..??

  17. diana ulfa

    15 March 2014 at 19:49

    aku dapet tugas nih, mencari keistimewaan hak oktori bagi VOC tu apa siiihh,tau nggak?

    *** Trial period expired. Please subscribe to the service. Antispam service cleantalk.org. ***

  18. anjar

    10 March 2014 at 18:41

    Yang mengadakan pemerintahan sendiri itu gak ada.

    *** Trial period expired. Please subscribe to the service. Antispam service cleantalk.org. ***

  19. David

    4 March 2014 at 05:47

    VOC memang sangatlah kejam aku tahu betul soal itu, tetapi tidak apa – apa VOC kejam tapi jangan sampai kelewatan gitu dong..

    *** Trial period expired. Please subscribe to the service. Antispam service cleantalk.org. ***

  20. yudha ardhian indra prasetya

    3 February 2014 at 03:02

    bantuin mengerjakan pr ips donk… biar cepat selesai…

  21. Prototype

    21 July 2013 at 20:37

    Makasih ya infonya, jd mdh nih kerjain prnya. Thanks to Irfan!!!!!

  22. Ano

    23 June 2013 at 07:46

    Bagaimana VOC dengan Versi Spanyol? Tolong pencerahannya

  23. Intan

    1 May 2013 at 01:11

    Bantuin ngisiin pr ips q donk, q gk bs konsentrasi mikirin iqbaale teruzzz

  24. Redaksi

    4 March 2013 at 01:03

    Dear Yoga,

    Hak Octrooi atau octrooirecht (Bahasa Belanda) adalah hak subyektif yang diberikan oleh negara untuk memproduksi, menjual, atau mengelola suatu temuan baru. Hak ini diberikan secara eksklusif kepada penemu atau pemohon dan memberinya kewenangan untuk melarang pihak lain untuk meniru atau menggunakan produk atau temuannya itu, tanpa seizin pemegang hak. Hak Octrooi disebut juga Hak Paten.

    Salam redaksi

  25. yoga

    3 March 2013 at 04:49

    Kak bantuin pr dong ni soalnya :apakah yang dimaksud dengan hak octroi?tuliskan isinya

  26. Riana

    31 January 2013 at 22:59

    wah gila VOC kejam mengambil rempah2 milik
    negara kita dengan kerja paksa(rodi) yang bikin rakyat
    kita makin sengsara.

  27. Jokowo

    17 December 2012 at 05:34

    Belanda bisa kaya dengan memanfaatkan agraisme nusantara, koq Indonesia enggak bisa.

  28. Maudy

    20 May 2012 at 06:40

    seep ketemu jugak :D

  29. tomy

    4 April 2012 at 08:31

    hmmmmm,,,,,,,lengkap cuy,,,,,,,,setuju dech ama amu,,,

  30. Alikha

    30 January 2012 at 04:55

    bantuin bikin PR jadi tambah mudah deh ngerjainnya :)

  31. ica

    29 January 2012 at 05:03

    ada website ini aq bisa blajar ilmu pengetahuan sosial [ips]

  32. irfan

    20 January 2012 at 07:57

    VOC diberi hak oktroi (hak istimewa):

    1. Dianggap sbg wakil pemerintah Belanda di Asia
    2. Monopoli perdagangan
    3. Mencetak uang dan mengedarkan uang sendiri
    4. Mengadakan perjanjian
    5. Menaklukan negara lain dgn perang
    6. Menjalankan kekuasaan kehakiman
    7. Pemungutan pajak
    8. Memiliki angkatan perang sendiri
    9. Mengadakan pemerintah sendiri

  33. admin

    6 October 2011 at 15:47

    Octrooi is een uitsluitend recht tot het industrieel maken of verkopen van een product of anderszins het exploiteren van een uitvinding. Octrooi adalah hak eksklusif untuk memproduksi secara industri atau sebaliknya mengeksploitasi suatu temuan. Hak ini dibatasi waktu (misalnya, berlaku selama 20 tahun) dan wilayah (hanya berlaku di wilayah yurisdiksi negara pemberi hak tersebut). Bahasa Belanda Octrooi diserap dari bahasa Prancis. Sinonimnya dalam bahasa Inggris adalah Patent, yang berakar dari bahasa Latin. Undang-undang Octrooi pertama kali diberlakukan pada 25 Januari 1817 atau 10 tahun sebelum diterbitkannya Octrooi Nr 8 Tgl 11 Desember 1827 tentang De Javaasche Bank. Kitab hukum octrooi di Belanda yang termutakhir adalah Rijksoctrooiwet 1995, dan dapat anda pelajari di sini http://www.wetboek-online.nl/wet/Rijksoctrooiwet%201995.html
    Salam, Redaksi

  34. rendrayudha

    6 October 2011 at 12:27

    Di dalam sejarah perkembangan Bank Indonesia pada jaman belanda Bank Indonesia disebut De Javasche Bank (DJB). di dalam pembentukan DJB raja william I mengeluarkan surat keputusan No.8 tertanggal 11 Desember 1827. Isi keputusan tersebut berupa Oktroi khusus buat DJB. didalam buku yang saya baca tidak dijelaskan apa yang dimaksud oktroi tersebut,saya ingin menanyakan hal itu,apa yang dimaksud oktroi tersebut ? mohon atas jawabannya,seblumnya terima kasih.
    rendra.yudha@yahoo.com

  35. Aira

    8 June 2011 at 00:38

    VOC memang kejam,,, mereka tdk menghargai jerih payah indonesia seharusnya mereka berusaha sendiri dong!!!! mana ,memonopoli perdagangan indonnesia segala lg,,, nggak da kerjaaan,,,,,,,, tdk punya budi pekerti main nylonong aja dateng ke indonesia

  36. Ryan

    17 March 2011 at 06:03

    Coba kalo gw udh hidup di jaman VOC,pasti gw langsung mendaftarkan diri untuk menjadi tentara Rakyat,dan membasmi VOC hahaha tidak peduli periintah atasan,yg penting indonesia merdeka

  37. Dinda

    17 January 2011 at 05:02

    VOC . . . VOC . . .
    Berani-beraninya ngambil Kekayaan Indonesia!!!

  38. Norma

    21 June 2010 at 23:03

    salah satu perusahaan yang masih establish sampai sekarang karena kekayaan indonesia yang dikeruk VOC adalah NHM (Netherlands Handeels Maatschapij)… buset…

  39. Chairil

    15 June 2010 at 05:19

    Apa aja sih hak oktroi tuh???????

  40. faried

    9 December 2009 at 23:32

    sejarah penting juga, ngomong2 VOC rakus banget euy…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>